Fakta pertama Pentakosta adalah Penuaian 3000 Jiwa yang terselamatkan

Advertisement

http___www.jawaban.com_assets_uploads_lois_butterfly_images_main_20130123Roh390x250

 

Sebelum kita membahas apa artinya Pentakosta, mari kita mengenal 3 (tiga) hari raya orang Israel, yaitu: Paskah, Shavuot dan Sukkot atau Hari Pondok Daun-daun. Sumber: Wikipedia

 

 

Nah...kita fokus pada Pentakosta yang berhubungan dengan hari besar orang Israel yaitu: Shavuot. Mengapa karena hari raya Pentakosta bertepatan pada hari raya Shavuot.

 

 

Shavuot adalah hari raya orang Yahudi dari segala penjuru dunia ke Yerusalem untuk merayakan Shavuot atau festival panen raya, yaitu bertepatan setelah 7 minggu setelah paskah, atau 49 hari, maka hari ke 50, itulah orang Yahudi merayakan Shavuot.

 

 

Apa yang special dari Hari Raya Pentakosta?

 

Pentakosta secara umum berbicara mengenai “ Pencurahan ROH KUDUS “ kepada umat Tuhan yang akan membuatnya menjadi MANUSIA LAIN , proses nya melalui  KETAATAN yang akan menghasilkan seseorang dengan hati baru , cara pandang , pola pikir baru ! Dari tidak mengenal Tuhan dengan benar menjadi mengenal dengan benar , tahu kehendakNya dan akhirnya hidupnya dapat memuliakan nama Tuhan , JADI BERKAT seperti Saul setelah dilawat Tuhan menjadi manusia lain yang berani , percaya diri .  1 Samuel 10 : 6 . Dan DAUD yang dipenuhi Roh Tuhan . 1 Samuel 16 : 13 .

 

 

Berbicara hakikat , Kita tidak boleh terjebak hanya memperingati , serenomi saat pencurahan ROH KUDUS di loteng Yerusalem saja , harus melihat awal mula perayaan “ Pentakosta “ adalah perayaan 50 hari setelah “ PASKAH “ ( Kej 12:18 ) Ketika Tuhan memberikan orang Israel “ Pemberian hukum TUHAN “ Sepuluh Perintah TUHAN di Gunung Sinai adalah 50 hari setelah mereka merayakan Paskah . ( Kej 19:1 ) Tapi apa yang terjadi waktu itu setelah TUHAN memberi mereka hukum pada Pentakosta pertama ? Tiga ribu orang meninggal ! (  Keluaran 32 : 28 )

 

Peristiwa tersebut sangat kontras dengan hari “ Pentakosta “ dalam Perjanjian Baru , Tuhan memberikan “ ROH KUDUS “ dan apa yang terjadi ? Tiga ribu orang diselamatkan . Kisah Para Rasul 2 : 41 . Ini  menunjukkan ketika “ Hukum Taurat “ diberikan membawa kematian 3000 orang , tetapi ketika “ Hukum anugrah “ diberikan memberi kehidupan dan keselamatan bagi 3000 orang !

 

 

Jadi kesimpulannya Fakta pertama Pentakosta adalah hari penuaian dimana Tuhan/ Elohim menggantikan 3000 orang Israel yang telah meninggal di Gunung Sinai dan digantikan 3000 Jiwa Baru yang menerima pencurahan Roh Kudus di Bait Tuhan Yerusalem...Dahsyat.

Advertisement
advertisement
Fakta pertama Pentakosta adalah Penuaian 3000 Jiwa yang terselamatkan | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment